Saturday 5 April 2014

10 Jalan Paling Berbahaya Di Dunia

Jalur darat merupakan jalur transportasi yang paling banyak dilalui kendaraan di berbagai belahan dunia. Mungkin, karena itu pula kecelakaan lebih sering terjadi di jalur darat dibanding jalur air atau udara. Kecelakaan terjadi bukan cuma karena kepadatan kendaraan yang melintas, tetapi juga karena medan berat yang harus dilalui. Beberapa jalan di dunia bahkan amat mengerikan karena terletak di lereng curam dengan ketinggian ribuan kilometer. Berikut adalah 10 jalan darat paling berbahaya di dunia seperti dilansir oleh USAToday.

10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia

1. Jalan Yungas
Bolivia menjadi lokasi dari jalan raya paling berbahaya di dunia. Jalan yang dimaksud adalah Yungas Road, jalan raya sepanjang 61 km yang menghubungkan kota La Paz dan Coroico. Terletak di lereng bukit curam tanpa adanya pembatas jalan, Yungas Road kerap kali meminta korban. Diperkirakan, ada sekitar 200-300 kecelakaan yang terjadi di Yungas Road setiap tahunnya. Tempat-tempat terjadinya kecelakaan kemudian ditandai dengan rambu X besar sebagai pengingat bagi pengendara lain agar berhati-hati. Hilang konsentrasi ketika berkendara di Yungas Road bisa berarti maut.
Yungas Road
Yungas Road
2. Jalan Raya Sejuta Dolar
The Million Dollar Highway atau Jalan Raya Sejuta Dolar menjadi bagian dari Rute 550 AS (U.S. Route 550) di bagian barat Amerika Serikat. Lokasi pasti dari The Million Dollar Highway adalah di antara kota Silverton dan Ouray di negara bagian Colorado. The Million Dollar Highway terkenal sangat berbahaya untuk kendaraan karena jalannya cenderung sempit, berliku-liku, dan mendaki melewati tebing-tebing curam dengan sedikit pembatas jalan. Panjang zona berbahaya ini hanya sekitar 19 km, namun waktu yang dibutuhkan untuk melintasi jalan tersebut dengan selamat bisa mencapai lebih dari 1 jam. Ingin merasakan seramnya berkendara di jalan ini? Cek dulu hotel-hotel berikut.
Million Dollar Highway
Million Dollar Highway
3. Trollstigen
Melewati Trollstigen yang penuh dengan belokan super tajam bisa membuat pengemudi manapun pusing tujuh keliling. Jalan raya yang menghubungkan kota Andalsnes di wilayah Rauma dan desa Valldal di Norddal, Norwegia, ini memang terkenal berbahaya karena terletak di pegunungan berlereng curam dan memiliki 11 tikungan maut. Tikungan paling tajam memiliki sudut hingga 9 derajat. Tingkat bahaya tinggi yang dimiliki Trollstigen ternyata memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Pada tahun 2012, ada lebih dari 160.000 kendaraan yang melewati Trollstigen dan sebagian di antaranya datang untuk berwisata.
Trollstigen
Trollstigen
4. Jalan Raya Federal 1
Menjadi satu-satunya jalan yang menghubungkan kota-kota dan desa di Semenanjung Baja, Meksiko, Jalan Raya Federal 1 (Federal Highway 1) hampir selalu ramai. Karena itulah Federal Highway 1 juga dikenal dengan nama Carretera Transpeninsular atau Jalan Raya antar Semenanjung. Berbagai jenis kendaraan mulai dari mobil-mobil kecil hingga truk dan RV super besar Federal Highway 1 setiap harinya. Intensitas kendaraan yang tinggi serta jalur yang berliku melewati pegunungan dan pesisir pantai kerap menyebabkan kecelakaan. Tak heran jika banyak pembatas jalan yang jebol di sepanjang Federal Highway 1 karena tertabrak kendaraan.
Federal Highway 1
Federal Highway 1
5. Terowongan Guoliang
Dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak di mana jalan ini berada. Ya, Guoliang Tunnel atau Terowongan Guoliang terletak di Cina, tepatnya di kawasan Huixian, Xinxiang, provinsi Hainan. Terowongan sepanjang 1,2 km ini dibangun dengan menembus Pegunungan Tahiang untuk menyediakan akses ke Desa Guoliang, sebuah desa terpencil di dalam lembah yang dikelilingi gunung. Selama pembuatannya, Terowongan Guoliang telah memakan beberapa korban jiwa. Meski agak menyeramkan dan berbahaya, Terowongan Guoliang kini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Huixian. Kalau mau mengunjungi Terowongan Guoliang, silakan menginap di hotel-hotel dekat Hainan.
6. Jalan Raya 80
Jalan Raya 80 (Highway 80) yang terletak di perbatasan Irak dan Kuwait kini lebih dikenal sebagai Highway of Death yang artinya Jalan Raya Kematian. Jalan raya ini menjadi lokasi penggempuran AS terhadap Irak pada 26-27 Februari 1991 yang mengakibatkan sekitar 1.400-2.000 kendaraan hancur bersama dengan pengemudi dan penumpangnya. Pemandangan rongsokan kendaraan serta ribuan mayat di jalan raya yang diapit oleh gurun pasir menjadi salah satu potret perang paling populer sekaligus paling buruk dalam sejarah. Saat kini, kondisi Highway of Death masih sama berantakannya seperti setelah penyerangan terjadi.
Highway of Death Setelah Serangan Tahun 1991
Highway of Death Setelah Serangan Tahun 1991
7. Jalan Raya Trans-Siberia
Membentang sepanjang 11.000 km, Jalan Raya Trans-Siberia (Trans-Siberian Highway) disebut-sebut sebagai jalan raya nasional terpanjang di dunia. Namun, reputasi tersebut juga diklaim oleh Jalan Raya Trans-Kanada dan Jalan Raya Australia 1. Meski membentang amat panjang, Jalan Raya Trans-Siberian memang hanya berada di satu negara yaitu Rusia. Jalan ini dianggap berbahaya karena beberapa bagian jalan belum tertutup dengan aspal dan coran. Rawa, kerikil, lumpur, pasir dan lubang-lubang besar juga menghiasi sebagian Jalan Raya Trans-Siberia.
Trans-Siberian Highway
Trans-Siberian Highway
8. Jalan Luxor-Al-Hurghada
Sekilas, tak ada yang salah dengan Jalan Luxor-Al-Hurghada. Jalan raya yang menghubungkan kota-kota wisata populer di Mesir yaitu Luxor dan Hurghada ini tampak rapi dan terawat dengan rambu-rambu lalu-lintas yang jelas. Yang membuat jalan ini berbahaya adalah keberadaan oknum perampok dan teroris yang kerap kali memburu wisatawan. Jangankan kendaraan yang mogok, mobil yang melintas dengan kecepatan tinggi saja sering dijadikan sasaran oleh mereka. Lebih parah lagi, banyak kendaraan memilih tidak menyalakan lampu di malam hari agar kehadirannya tak terdeteksi oleh kaum kriminal. Mungkin mereka bisa lolos dari gangguan perampok, tapi apakah mereka cukup lincah untuk menghindar dari bahaya kecelakaan yang mengancam?
Jalan Luxor-Al-Hurghada
Jalan Luxor-Al-Hurghada
9. Jalan Raya Karakoram
Melewati jalan raya yang mengelilingi perbukitan saja sudah terasa menakutkan. Apalagi melintasi jalan raya yang terletak di atas gunung dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter. Jalan raya super tinggi ini benar-benar ada di perbatasan Pakistan dan Cina. Jalan tersebut dikenal dengan nama Jalan Raya Karakoram (KKH) di Pakistan dan Jalan Raya Nasional Cina 314 (N-35). Melintasi Pegunungan Karakoram, ketinggian KKH mencapai 4.635 meter sehingga tercatat sebagai jalan raya tertinggi di dunia. Jalan Raya Karakoram kemudian menjadi salah satu daya tarik wisata di Pakistan dan Cina yang dikunjungi oleh wisatawan berjiwa petualang dari berbagai belahan dunia.
Jalan Raya Karakoram
Jalan Raya Karakoram
10. Stelvio Pass
Stelvio Pass yang berada di pegunungan Alpen bagian timur tampak mirip dengan Trollstigen di Norwegia. Keduanya sama-sama terletak di lereng pegunungan dan memiliki banyak tikungan tajam yang berbahaya. Stelvio Pass yang membentang sepanjang 75 km menghubungkan kawasan Stilfs (Stelvio) dan Bormio di Italia. Karena lintasannya yang menantang serta pemandangan indah yang ditawarkan, Stelvio Pass menarik banyak wisatawan di Italia.
Stelvio Pass
Stelvio Pass

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar!

0 comments:

Post a Comment